Virtual Box

Posted on April 7, 2011

0


bencana itu datang tibat-tiba. Ketika menjalankan windows XP sontak si AVG anti virus mendeteksi kedatangan tamu nakal yang tak diundang ini. Apa daya kalau sistem crash seperti ini. Olalala..ternyata ada si pinguin yang setia menemani. Sistem beralih ke linux dan mulai berbenah memperbaiki software-software yang tidak dijalankan. Yang bisa diinstall dengan wine ya digunakan wine.

kembali ke awal, dengan kejadian ini rasanya ingin migrasi total  ke Linux. Tapi mungkinkah? secara di kampus ini masih banyak digunakan program (bajakan) under windows (yang juga bajakan) :-p.

tapi okelah kalau begitu. kita pelan -pelan saja dulu. dimulai ari install virtual box.

Virtual box merupakan seperangkat tool (mungkin lebih dari pada tool) yang di “terbitkan” oleh Oracle. disamping virtual box, juga bisa digunakan VMware. Fungsinya lebih kurang sama. Di Virtual machine yang bernama Virtual box (kita panggil saja VB ya), bisa diinstall sistem operasi lain selain sistem operasi “master” yang kita gunakan untuk tempat VB.

VB bisa diperoleh di http://www.virtualbox.org. Silakan download sesuai sistem operasi “master” Anda. Kalau saya kemarin menginstall VB untuk Ubuntu 10.04 (lucid). Berikut capture cara menginstall VB.

  1. Download lah VB untuk linux, maka akan ke halaman yang menampilkan VB for linux. Ada banyak pilihan. Silakan pilih salah satu.
  1. hasil download berupa file virtualbox-4.0_4.0.4-70112~Ubuntu~lucid_i386.deb. Klik lah file tersebut, maka akan otomatis terbuka halaman install . Masukkan password rot Anda dan eeng ing eeeeng….biarkan si linux ubuntu melanjutkan menginstall. Oh ya. sepertinya ini membutuhkan koneksio internet. Kalau tidak ada koneksi internet bagaimana? kayaknya gagal deh. kalau ada yang tahu cara install tanpa koneksi internet please share di sini ya.

3.  Bila sudah terinstall maka silakan buka VB dan install Sistem operasi yang Anda inginkan.

 

tulisan selanjutnya tentang cara install sistem operasi dalam VB

 

Iklan
Posted in: komputer