Pohon Cyborg

Posted on November 22, 2015

0


“setiap mawar memiliki durinya” ungkapan itu tentu layak disematkan pada bunga mawar yang memang berduri. tapi tahukah kalian abahwa ada mawar yang memiliki perangkat elektronik, kabel data dan sensor?

peneliti swedia telah meneliti bagaimana mengatur cara pertumbuhan tanaman dengan perangkat elektronik yang di tanam di tanaman tersebut. pada tanaman tersebut diberikan sensor pada saluran nutrisi agar dapat memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk tanaman.
penelitian yang tidak kalah seru adalah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Linkoping University dimana mereka membuat tanaman yang dipasang sebuah embedded biofuel cell atau sel biofuel yang tertanam pada tanaman tersebut. mereka berkeinginan bahwa proses fotosintesa yang terjadi di tumbuhan akan dapat dipanen menjadi energi kimia.Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal science advance  (http://advances.sciencemag.org/content/1/10/e1501136.full-text.pdf+html)

tanam
Pada penelitian ini mereka menanam kabel elektronik sepanjang 10 cm dalam batang mawar, dan merubah daun menjadi display elektronik yang dapat menampilkan warna terang dan redup sesuai kebutuhan. Para peneliti juga menggunakan transistor yang merupakan “jantung” dari perangkat ini karena berfungsi sebagai switch dalam tanaman percobaan ini.
Dengan kata lain,  kita memperkenalkan sistem saraf ke dalam tanaman, “kata Magnus Berggren, seorang profesor elektronik organik di Linköping University di Swedia.
Peneliti memanfaatkan xilem, sistem alami tanaman ‘saluran yang biasanya membawa air dan nutrisi dari akar ke batang, daun, dan bunga.
tanam2
ingin tahu kelanjutan penelitiannya? yuk kita cek  di http://spectrum.ieee.org/tech-talk/biomedical/bionics/rewired-rose-plant-becomes-living-cyborg

Iklan
Posted in: komputer