Monozukuri

Monozukuri menjadi arah pandang manusia dalam bekerja, yang tujuannya bukan hanya untuk hasil produk saja tetapi juga memiliki atau menekankan proses pembuatan dengan ketelitian, ketangguhan, kesungguhan yang terus menerus serta layanan (service) yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.  Inilah yang membentuk suatu kultur korporasi yang baik.  Monozukuri timbul dari sisi manapun baik dari pekerjanya/buruh, misalnya dalam produksi (pabrik) mobil, umumnya buruh di Jepang bekerja dengan tradisi menjaga/mempertahankan mutu untuk hasil yang terbaik (bermanfaat tinggi) bagi masyarakat luas maupun pelayanannya (untuk kebangkitan ekonomi industrinya).  Monozukuri adalah membangun standar dan atau acuan yang tinggi dimana pekerja Jepang mengharapkan dirinya dapat memberikan hasil terbaik yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas

Dengan latar belakang di atas universitas darma persada bertekad untuk menyerap nilai-nilai kebaikan monozukuri pada kurikulumnya sebagai muatan lokal yang menjadi salah satu visi dan ciri dari UNSADA. Sebagai kelanjutan dari visi tersebut dilaksanakan berbagai seminar dan kuliah umum tentang Monozukuri. Pada semester ganjil 2015/2016 saya diberi amanah untuk memberikan kuliah monozukuri di kelas T. Informatika.

Bagi mahasiswa yang memerlukan materi bisa mendownload link di bawah ini berhuubung masih pertama di ajarkan maka slide materi akan secara bertahap ditambahkan hingga 14 pertemuan.

Pert_1_monozukuri_5S

Pert_2_monozukuri_Kaizen

Pert_3_monozukuri_VisualManagement

pert_5_pokeYoke

Pert_6_Kanban

Pert_8_diskusi

pert_9_Gemba_16Des2015

pert_10_genchiGenbutsu

Iklan
Be the first to start a conversation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: